All About Manga

Hello hello…. Salam kenal buat semuanya. Di postingan pertama ini, aku bakal membahas tentang manga. Menurut wikipedia, manga (baca: man-ga, atau ma-ng-ga) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang; di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Majalah-majalah manga di Jepang biasanya terdiri dari beberapa judul komik yang masing-masing mengisi sekitar 30-40 halaman majalah itu (satu chapter/bab). Majalah-majalah tersebut sendiri biasanya mempunyai tebal berkisar antara 200 hingga 850 halaman. Sebuah judul manga yang sukses dapat terbit hingga bertahun-tahun seperti "ジョジョの奇妙な冒険 / Jojo no Kimyō na Bōken / JoJo's Bizarre Adventure / Misi Rahasia". Setelah beberapa lama, cerita-cerita dari majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut tankōbon (atau kadang dikenal sebagai istilah volume). Komik dalam bentuk ini biasanya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi dan berguna buat orang-orang yang tidak atau malas membeli majalah-majalah manga yang terbit mingguan yang memiliki beragam campuran cerita/judul. Dari bentuk tankōbon inilah manga biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain di negara-negara lain seperti Indonesia. Umumnya, judul-judul yang sukses dapat diangkat untuk dijadikan dalam bentuk animasi (atau sekarang lebih dikenal dengan istilah ANIME) contohnya adalah seperti Naruto, Bleach dan One Piece. Selain itu, manga yang telah sukses biasanya juga akan dibuat live action-nya berupa drama atau movie, seperti Detective Conan, Tantei Gakuen Q (Dan Detective School), Kimi ni Todoke, dan lain sebagainya. Lebih lanjut sebagian judul juga akan dibuat remake kembali secara internasional oleh produsen di luar negara Jepang, seperti Amerika, yang membuat film Live Action Dragon Ball versi Hollywood (20'th Century Fox).

Seperti halnya film, beberapa manga diangkat berdasarkan novel seperti Vagabond karya Takehiko Inoue yang diangkat dari novel terkenal berjudul Musashi karya Eiji Yoshikawa. Selain itu, banyak manga yang ditulis berdasarkan sejarah seperti Cesare, Historie, Shanaou Yoshitsune, dsb. Akan tetapi, terkadang walaupun mengacu pada sejarah namun tokoh-tokohnya fiktif, atau bisa juga jalan ceritanya sedikit diubah oleh pengarang menjadi cerita fiksi.

Kalau ada yang berpikiran kuno seperti komik itu bacaan anak kecil (biasanya para orangtua berpikiran demikian) maka hal itu salah besar. Memang, mungkin kalau komik-komik di barat kebanyakan dibaca anak-anak -seperti Donald Bebek, Mickey Mouse, Spiderman- walaupun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga membacanya. Akan tetapi, manga mempunyai berbagai macam tema yang ceritanya pun ditujukan untuk segala umur. Ada manga yang memang ditujukan untuk anak-anak, remaja, atau khusus untuk orang dewasa. Manga yang khusus ditujukan untuk anak-anak disebut kodomo. Manga yang khusus ditujukan untuk (Wanita) dewasa disebut josei. Manga yang khusus ditujukan untuk (pria) dewasa disebut seinen. Manga yang khusus ditujukan untuk perempuan disebut shōjo. Dan manga yang khusus ditujukan untuk laki-laki disebut shōnen.

Aku sendiri, sih, sekarang ini lebih suka membaca shonen daripada shojo (padahal aku cewek, lho). Masalahnya, shojo kebanyakan jalan ceritanya mudah ditebak dan temanya itu-itu saja. Sementara aku lebih suka manga yang temanya unik dan berbeda dari yang lain-lain. Aku penggemar berat Detective Conan, dan sampai sekarang masih mengoleksi komiknya. Tapi mulai dari nomor 28 sih yang komplit, soalnya aku ga terlalu suka baca Conan dengan gambar masih jadul (volume 1 gambarnya nggak terlalu bagus). Selain komik detektif biasanya aku suka yang tentang IT, sejarah, petualangan, olahraga, dsb. Aku jatuh cintrong ma Bloody Monday karena manga itu sudah dibuat drama, dan yang jadi pemeran utamanya tu Haruma Miura yang super cakep itu, hehe... Kalau manga yang terkenal seperti Naruto atau Bleach malah aku sudah nggak ngikutin lagi, karena terlalu panjang, sih... Kalau Eyeshield 21 masih mending, aku baca sampai habis dan emang ceritanya bagus.

Yah, begitulah teman-teman... cerita tentang manganya. Untuk tahu lebih lengkap tentang manga bisa dilihat di http://id.wikipedia.org/wiki/manga. Berhubung udah kesel tangannya and masih banyak tugas, Lei pamit dulu ya...
 
.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kata tanya

Tom Felton : His blue-sky eyes and his mesmerizing smile....

film sad ending??